Fren Radnet Mobile Review

Setelah beberapa hari gue mencoba sekarang kayaknya gue dah bisa kasih semacam review walau tidak lengkap mengenai FREN RadNet Mobile connections
Untuk masalah biaya, seperti yg udah gue bicarakan dibawah mereka mengunakan 2 tarif, pertama mengunakan volume base, dan kedua mengunakan time base, nah yg kita bicarakan adalah timebase, karena kalau untuk surf dan untuk download jauh lebih hemat kalau mengunakan time base. Dengan biaya 9 ribu rupiah/ jam dan akan ditagihkan mengunaka account ISP yg loe gunakan.

What You need
1. HP yang CDMA 1x
2. Kartu FREN (baik pasca bayar atau pra bayar)
3. 1 buah account ISP yg berkerja sama dengan FREN, disini gue pilih RadNet karena selama gue mengunakan Radnet sekitar 4 tahun belakangan ini, Radnet termasuk baik dalam bidang layanannya. Sesudah loe mempunyai account RadNet loe harus mengaktifkan fungsi mobilenya (ezyMove kalau menurut Radnet).
4. 1 buah program untuk mentest kecepatan, bisa mengunakan DU Meter atau mengunakan GPRS Counter
5. Download manager disini gue mengunakan Reget.

Disini gue ngga akan membicarakan cara configurasi, jadi kalau ingin mengetahui cara configurasi bisa ke websitenya RadNet atau Fren.

Kecepatan dan Kestabilan
Untuk masalah kecepatan dijjanjikan mendapatkan sekitar 153 kbps,  pada technologi mengunakan 2000 1x.
Pada kenyataanya kalau mengunakan Radnet dan Fren saya mendapatkan sekitar 14.144 KB/sec atau  113.152 kbps kalau mengunakan Reget (kecepatan rata rata) dan kalau tanpa Reget hanya 12 KB/sec 96 kbps.
Speed di Download manager Reget

itu gue lakukan di daerah yg hanya mendapatkan signal 5 dari 7 bar pada nokia 6585 gue.
Anehnya di DUmeter yg gue pakai, speednya jauh dari ini, mungkin disebabkan mengunakan VPN jadi kecepatan pun di hitung dua kali lipat.


Padahal Options tidak ada yg dirubah tetap mengunakan options yg lama, dan hanya menghitung kecepatan dialup saja bukan menghitung network.

Untuk masalah kestabilan, lumayan bagus cuman kadang kadang suka idle up juga, untuk menghidarinya gue mengunakan perintah ping [ip server] -t selama ip di ping relatif tidak ada masalah.

Hanya saja kalau sudah idle, dan ingin kembali masuk ke VPN radnet itu baru menjadi masalah, karena dianggap masih online, padahal, sudah putus, gue dah coba complaint ke orang rad net untuk menyelesaikan masalah ini, dan kelihatanya mereka sekarang sudah menyelesaikan masalah tersebut, buktinya gue sekarang kalau putus dari VPN dan kemudian mendial kembali, tidak ada masalah dan bisa masuk ke VPN Radnet.

Jadi untuk sementara ini dulu hasil review saya mengunakan FREN-RadNet, kalau ada masalah, trik pengunaan atau kesulitan saya akan mencoba menulisnya disini.