Bring Gmail to your domain

Wah fasilitas apa lagi ni dari Google?
Fasilitas ini masih beta.
Apa saja yg diberikan oleh Gmail?
1. Semua fasilitas yg dipunya Gmail mulai dari POP3, SMTP, ect, dan space 2 GB per mail box :mau:
2. Dengan adanya Gmail talk yg terdapat di fasilitas ini, memudahkan kalau anda ingin chat dengan orang yg sama sama mengunakan domain yg sama dengan anda. Mungkin untuk perusahaan ini sangat berguna, si Boss bisa chat dengan bawahannya tanpa perlu lagi untuk login ke IM
3. Interfacenya sama persis dengan Gmail biasa, yg membedakannya adalah domain yg dipakai, trus ada control panel tambahan untuk administratornya.

Hanya itu sisanya GMAIL banget, jadi kalau yg udah biasa pakai Gmail akan menyukai tampilan seperti ini.
Sebenarnya fasilitas ini sudah cukup lama di berikan oleh google mungkin sejak beberapa bulan yg lalu, kebetulan saya juga sudah mendapatkan fasilitas ini untuk 1 domain saya, cuman karena kesibukan (well sudah lama tidak post) saya tidak mempostkan cara untuk mendapatkan fasilitas ini.
Kalau ada yg tertarik untuk mencoba fasilitas ini di site mereka. Caranya mudah tinggal masuk ke sini kemudian tinggal click I’m Interested.
Apa sich sarat untuk bisa menjadi beta tester Gmail for your domain ini?
1. Anda mempunyai account gmail sebelumnya untuk mensubmit request.
2. Bisa untuk perusahaan atau organisasi (saya mensubmit untuk AWALI dan di approve)
Sarat yg sangat mudah kan? :keren:
Nah sesudah anda mensubmit nanti akan ada undangan ke anda yg menyatakan apakah anda di approve atau tidak oleh Gmail. (saya sendiri mendapatkan 100 account)

Cara setting MX di Cpanel anda
Sesudah mendapatkan invite, anda tinggal mengikuti apa yg sudah disediakan oleh gmail. Saya sendiri sedikit binggung waktu menset MX saya, apakah saya harus mensetnya dari domain saya atau darimana, ternyata paling mudah adalah menset dari cpanel anda, karena tidak butuh propagasi yg lama, waktu itu saya mencoba hanya butuh sekitar 10 menit sampai propagasi sampai di Gmail
1. Masuk kedalam cpanel anda,
2. Kemudian masuk ke mail
3. Kemudian masuk kedalam pilihan modify Mail Exchanger  (MX entry)
4. Kemudian ganti MX anda dengan MX yg sudah disediakan oleh Gmail.
nanti bila berhasil di control panel anda yg terdapat di gmail akan dikatakan success.

Hanya itu dan selamat anda sudah dapat mengunakan Gmail di domain anda.
Oh ya ada yg saya lupakan satu hal, Gmail menginginkan kalau logo mereka tidak di gunakan, jadi sebaiknya anda menganti logo login page gmail yg sudah anda dapatkan di control panel yg mereka berikan kepada anda. Contoh login panel dari awali adalah seperti ini

Cara membuat email baru dengan Gmail at Your domain anda
Ada yg menarik dalam fasilitas ini, kalau anda mempunyai domain yg isi emailnya sangat banyak, anda akan binggung bagaimana memasukan satu persatu, ternyata tidak sulit, anda cukup membuat daftar email yg akan dimasukan kedalam bentuk Microsoft XL dan kemudian mensubmit ke gmail nanti otomatis akan dibuatkan emailnya.
Sepertinya Gmail sudah memikirkan sampai sejauh itu, agar untuk membuat user baru tidak lah sulit.

Cara mengunakan POP3 dan SMTP service dari Gmail at Your domain
Setting yg dibutuhkan sama persis dengan kalau anda mengunakan fasilitas Gmail anda, pertama anda menset terelbih dahulu di webmail anda kalau anda ingin mengunakan POP3 kemudian masukan POP3 server pop.gmail.com port 995 dan dengan TLS masukan login alamat email lengkap anda yg terdaftar di gmail dan tentunya password email anda. kemudian di bagian SMTP masukan smtp.gmail.com port 465 TLS dan dibagian SMTP contreng perfom SMTP Auth, dan selesai sudah anda menset POP3 anda, Oh ya saya mengunakan The Bat sebagai email client saya, kalau anda mengalami kesulitan anda bisa masuk ke FAQ yg ada di Gmail anda.

Hmm gue emang :love: Gmail the best webmail I ever use :malu: