co.id di jual??

Tadi malam saya salah ketik di browser dan ahkirnya jadi membuka alamat URI yg seharusnya tidak saya pernah kunjungi sebelumnya.

alamat tersebut adalah co.id

dan apa yg saya temukan?

co

Silahkan klik untuk memperbesar.

apakah domain TLD indonesia di jual? atau kena hack? itu pertanyaan yg masih belum bisa di jawab.

Mudah mudahan TLD Indonesia (PANDI) sudah tau akan hal ini karena ini menyangkut dengan domain domain perusahaan Indonesia. Seperti yg kita ketahui .co.id hanya boleh diberikan pada perusahaan yg berdiri di Indonesia, jadi kalau ada perusahaan Indonesia punya domain .co.id berati itu sudah sama kayak punya verifikasi bahwa asli perusahaan tersebut berada di Indonesia.

Atau saya yg ketinggalan berita kalau co.id di jual, tapi rasanya tidak mungkin karena itu adalah TLD indonesia.

Mudah mudahan ada penjelasan yg saya temukan, karena sampai saat ini saya masih mencari informasi tersebut.

Untuk Update silahkan klik more

Update 25.1.2008 jam 20.30

Sesudah diging sana sini, dan melihat semua data lebih lengkap.

Kelihatannya yg di jual adalah http://www.co.id nah pertanyaannya adalah, kalau memang yg di jual itu, bukannya register tahu kalau bahwa browser bila di tulis akan melengkap dengan www? (itu kalau dia menghidupkan auto complate address)

Tapi anehnya browser saya tidak autocomplete (sengaja saya set seperti itu) tapi entah kenapa di foward ke alamat yg www.co.id

sebagai data saya tambahkan screen shoot dari data whois nya.

2

Silahkan klik untuk memperbesar gambar, dan kalau anda punya account register.net.id silahkan whois.

Saya baru tahu kalau ada BUMN yg bernama demikian JFBQ00134070103A

Dan kalau pun memang punya asiamind media seharusnya singkatan yg di gunakan ada AMM atau AM kalau terpaksa 🙂 tapi setahu saya tidak boleh di gunakan singkatan 2 digit dalam daftar domain Indonesia. atau biasanya kena tolak.

Dari internet time machine dapat dilihat www.co.id dari masa kemasa

http://web.archive.org/web/*/http://www.co.id

Kalau Legal dan yg di jual adalah www nya

Mungkin ni ada reformasi, cuman kebablasan. Kalau dahulu ketika registrant masih di pengang sama organisasi semua alamat alamat yg www.co.id www.web.id itu di teruskan ke alamat organisasi pengurus nama domain Indonesia.

Saya rasa itu lebih baik daripada di jual, karena akan menimbulkan kebinggungan bagi orang orang awam, seperti CTLD di jual JFBQ00170070306B

 

kenapa saya katakan CTLD? karena domain indonesia mengunakan tingkat 2 bukan tingkat 1 seperti .my atau yg lainnya. tapi lebih mirip .uk.

Dan www itu sendiri singkatan yang banyak di gunakan adalah world wide web. Jadi kesannya orang menjual subdomain www nya JFBQ00173070312A dan nama belakang nya masih dia penggang.

Mudah mudahan pihak PANDI mereview pengunaan domain ini, karena bagaimana pun untuk beberapa negara ada beberapa singkatan yg tidak di jual. dan langsung menfowardkan domain tersebut ke organisasi pengatur domain mereka.

Bila ada tambahan akan saya update berita ini terima kasih sudah membaca

JFBQ00214070517A