DreamHost Down

198px-Star of life

Help medic ^_^

Itu yg mungkin akan di katakan oleh para tentara kalau di film film, yup it happen in real world, but not for medic but for Customer Service terutama untuk dunia hosting dan internet. ^_^

Sebenarnya gue sudah tau akan adanya outage dari DH, tetapi karena server gue yg ada di DH tidak tercantum di dalam list ya gue tenang tenang aja.

Tapi ternyata sesudah perbaikan, tiba tiba, dang beberapa site down, termasuk hidupku ini. dan dengan berat hati gue bikin dech ticket ke DH, dan cari status yg paling urgent, ya wajar karena site down itu untuk paid hosting sangatlah bermasalah, kalau free server mungkin ngga masalah kali ya.

Status paling critical di DH adalah “OMG the server is down, everything is broken, people are dying” that’s some stuff to laugh at, that is impossibel to people dying because their server is down right?

setidaknya dengan kata kata itu udah cukup membuat gue ketawa, dan menghilangkan rasa sebel, lah kok gue ngga ada di list tapi tiwas juga.

Pertama gue kirain speedy yg bermasalah, well maap speedy, karena elo yg paling suka bermasalah, jadi elo yg jadi kambing hitam duluan, ya wajar sech, abis udah kayak jarum, tapi kemudian cek mengunakan server lain jalan, dan kemudian gue search semua domain gue yg gue host disana, dan hasilnya hampir setengah domain yg terkena masalah itu, nah gue pun mikir kok bisa?

sesudah gue tilik, ternyata beberapa domain gue mempunyai IP range yg berbeda, yup DH mempunyai sistem yg berbeda dengan hosting yg mengunakan Cpanel, dia lebih mirip elo di kasih lahan luas, dan terdiri atas beberapa IP dan server, contohnya hidupku punya tempat yg berbeda dengan awali dari segi fisik servernya. walau disatukan dalam satu account.

Nah ternyata kenapa beberapa site itu down, sebenarnya bukan down dalam arti itu server mati, tetapi routing nya yg bermasalah (well jadi inget speedy lagi), untuk kebeberapa domain, walau masih bisa di lihat bila login melalui domain lain, dan liat liat, benerin dan kawan kawan. mereka masih down dari dunia luar.

Dan beberapa jam kemudian ticket gue di bales oleh DH, yup mereka minta maaf dan sekarang all back online, nah sekalian dengan post ini gue meminta maaf kepada rekan rekan yg kebetulan tempat mainnya ada di DH gue ini, well ya maklum ini kan di luar kehendak kita semua.

Untuk hosting seharga 120 USD an pertahun gue masih merasa betah di DH, karea memberikan space, bandwidth yg besar, dan membuat kita merasa di server sendiri aka dedicated karena shell nya befungsi sangat sempurna, serasa lagi nge shell ke server dedicated, beda dengan beberapa host lain yg menawarkan shell tapi hanya ncftpput ngga ada disana (well malahan ada pc yg di tempat “seseorang” padahal pc pribadi ngga di pasang tu barang ^_^)

Atau ada teman teman yg mau menyarankan host lain? saat ini dh gue mempunyai fasilitas yg mayan gilak, 585 GB space, 6.6 TB bandwidth perbulan, unlimited domain, dan shell yg serasa rumah sendiri dengan harga hanya 120 USD an, dan sangat cepat di akses dari mana saja, termasuk Indonesia setidaknya kalau jalur internationalnya sehat sehat saja. Dan saat ini gue masih ada sampai sekitar jan thn depan di DH, tapi kalau ada saran tolong kasih di comment, mungkin kita butuh server lain yg lebih kuat, walau DH gue baru down hanya saat ini, dan masalah lain adalah, gue di charge 2 kali di CC, dan udah di refund walau gue kehilangan sekitar 200 rebu IDR gara gara salah charge dari DH biasa perbedaan mata uang dan kebetulan CC gue berasal dari bank yg agak kejam dan ada yg bilang aneh sistemnya ^_^

Nah terima kasih sudah membaca post gue ini, dan segala comment diharapkan terutama mengenai saran paid host lain yg mirip mirip fasilitasnya dengan DH.