HFS plus dan android

HFS plus dan android

Anda yang mengunakan Macintosh, mac atau OS X pasti suka mengalami masalah untuk mengcopy files dari  ke HDD yang berformat NTFS.

Namun sebaliknya pc pun tidak bisa membaca HFS plus kependekan dari Hierarchical File System yang merupakan format umum untuk  terutama OS X.

Sedangkan android, kebanyakan hanya bisa membaca FAT 32 jadi untuk HDD yang besar besar mereka tidak bisa baca, walau ada beberapa android box yang bisa membaca NTFS HDD dengan size sampai 2 TB.

Nah sekarang kalau anda yang mengunakan  malas pakai aplikasi atau apps tambahan kayak Paragon, install bootcamp, install box (sejenis parallel atau VM ware), malas atau format HDD external ke NTFS dengan alasan “keamanan” dan masalah kompabilitas dengan  anda. 

Namun tetap ingin external HDD tersebut bisa di baca oleh android device atau android box sekalipun, salah satu solusi di bawah bisa di pakai, silahkan klik read more untuk lebih lanjut.

Sudah beberapa hari saya mencari jalan supaya tidak menyusahkan apabila nanti saya ingin memindahkan data dan bisa di lihat di android box. 

Pilihan pertama mengunakan HDD berformat NTFS, tapi masalah baru timbul tiap kali ingin memindahkan data atau ingin mengedit HDD tersebut saya harus menyalakan BOX saya, dan ini agak kurang nyaman bagi saya.

Kemudian saya jalan jalan kesana kemarin niat nya ingin mencari apps, driver atau pun cara agar  bisa membaca dan mengedit NTFS dengan mudah, beberapa opsi sudah ada dan saya pikir akan saya kerjakan di waktu lowong saya.

Ketika akan kembali ke site yang saya akan beli apps nya untuk mempermudah saya melakukan editing NTFS saya berpikir nanti malahan trojan atau sejenis nya malahan lebih mudah pindah ke  saya, aneh memang terlalu banyak pertimbangan.

Sedang menimbang-nimbang itu, saya melihat Paragon mempunyai apps yang bisa jalan di beberapa platform yang berbeda, anda bisa melihatnya di http://www.paragon-drivers.com/ 

Disana ada beberapa apps yang bisa jalan di OS X, windows, linux dan Android.

Untuk android bernama Paragon exFAT, NTFS & HFS+ 

Paragon exfat NTFS HFS

Dengan melihat itu, saya pikir daripada saya harus edit, pindah data, atau merubah HFS ke NTFS yang tentu akan merepotkan, mendingan saya coba install apps ini dan lihat apakah dia bisa berjalan dengan sempurna.

Ternyata Apps ini bisa di gunakan dan yang paling asik apps ini adalah gratis dan bisa di dapatkan di google play.

Anda yang mengunakan android device baik itu telpon gemgam atau pun android box bisa mengunakan apps ini. Untuk mendapatkan Apps ini anda bisa jalan jalan ke google play, di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.paragon.mounter 

Di google play yang di jadikan demo adalah samsung S3 namun bisa jalan dari android 2.3.3 keatas dan tentu saja harus ada hak root.

Untuk update 25 Desember 2013 mereka sudah support untuk Android 4.2 keatas.

Videonya bisa anda lihat di site google play.

Nah sekarang kita bicara di android TV box yang saya gunakan CS918S 

iOSCS918S.png

Masalah dan solusi.

Walaupun sebenarnya sudah ada option auto untuk memilih secara otomatis mount mana yang terbaik untuk device anda, namun dengan androd box yang saya punya dan apps yang sudah ada disana walau sudah di mount tidak bisa di baca ada dimana itu HDD, karena file manager yang saya gunakan adalah file manager yang sudah ada dari sananya, daripada saya harus mengunakan apps lain dan otak otik lagi.

Saya pindah kan mount nya dengan mengunakan option advance. Kemudian memilih SD card yang memang sudah ada disana dan mount di salah satu data yang ada disana, dengan demikian tidak perlu lagi membuat yang baru.

Mungkin anda akan mengalami masalah yang sama dengan saya apabila anda mengunakan apps ini di android box, solusinya gunakan mount yang sudah ada agar anda tidak kesusahan mencari dimana mount berada.

Keuntungan.

Keuntungan aplikasi ini adalah anda tidak perlu merubah format HDD anda agar kompatible dengan android device anda.

TInggal colok ke android device anda HDD bisa terbaca dengan mudah, walau ada kemungkinan apabila anda mengunakan format lain android device anda tidak bisa membaca HDD tersebut. 

Mudah mudahan ini bisa menjadi salah satu solusi dan bisa berguna bagi pada penguna android tv box, android device pada umumnya atau untuk orang orang yang seperti saya yang terlalu banyak pertimbangan.