Opera browser tanpa iklan

Opera browser tanpa iklan

Opera mengeluarkan versi 37.0.2178.43 yang sekarang mengunakan built in ad-blocker alias anti iklan.
Tentu saja ini akan memanjakan para penguna internet di dunia karena mereka tidak perlu tergantung dengan ublock-origin atau yang paling terkenal ABP.
Namun belum tentu pakai ad-blocker akan lebih cepat.

Untuk menyalakan anti adblock ini anda cukup masuk ke preference dan pilih nyalakan adblock untuk OS X tampilannya ada seperti ini.

Screen Shot 2016-05-12 at 20.44.55

Screen Shot 2016-05-12 at 20.44.45

Mudah sekali bukan?

Namun tidak selamanya mengunakan ad-block ini akan membuat anda cepat membuka suatu site.

contoh kasus, pada site yang iklannya seabrek abrek kayak detik tentu saja ini akan sangat terasa lebih cepat.

detik.com

Dengan mengunakan tanpa menyalakan adblock dibutuhkan 15.81 detik dan menyalakan adblock 5.02 detik atau lebih cepat 68 % lebih cepat dari pada tanpa ad-blocker.

Namun keuntungan ini bisa di bilang tidak ada atau malahan bisa lebih cepat tanpa mengunakan ad-blocker contohnya apabila di gunakan di hidupku.info yang selain memang minim gambar dan tidak ada iklan didalamnya.

hidupku.info

Hasilnya 1 persen lebih cepat tanpa menyalakan ad-blocker.

ya wajar donk, tidak ada iklan di site ini bagaimana dengan site yang penuh gambar tentu tidak ada alasannya, pasti pakai ad-block akan lebih cepat.

Jawabannya belum tentu, pada site yang memang tidak punya iklan belum tentu lebih pelan walaupun dia mempunyai gambar lebih banyak.

Contohnya www.ngesub.com site ini tidak ada iklan seperti www.hidupku.info namun site ini penuh dengan gambar.

www.ngesub.com

Loh kok!
Lebih cepat 7% kalau dia tanpa menyalakan ad-blocker kok malahan bisa lebih cepat dari pada hidupku yang lebih sedikit gambarnya?
Pasti ini adalah percobaan palsu
Pasti ini sotoshop
Pasti karena beda server.
Pasti www.ngesub.com bayar opera untuk ini.

Jawabannya tidak untuk semua pertanyaan diatas, percobaan ini bisa anda lakukan sendiri dengan menekan tombol yang berlambang perisai yang ada di url di opera, disana anda bisa test sendiri.

Semua test ini mengunakan koneksi rumahan saya yang ala kadarnya.

Sebenarnya jawaban ini mudah, ada beberapa alasan yang bisa digunakan untuk menjelaskan ini kenapa terjadi.

Jawabannya rendering, setiap page yang anda buka di butuhkan rendering, nah pada site www.ngesub.com walaupun dia punya lebih banyak gambar dan dia juga ada beberapa script yang tidak ada di www.hidupku.info sehingga ketika opera memproses rendering opera membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa selesai dibandingkan tanpa menyalakan opsi ad-blocker, karena dia tidak butuh proses tambahan.

Makanya hasilnya akan lebih cepat tanpa menyalakan ad-blocker di www.ngesub.com di bandingkan dengan menyalakan opsi ad-blocker.

Teman teman mungkin tidak menyadari ini, tapi semua ad-blocker baik itu yang ada di opera maupun yang ada di extension mempunyai cara kerja yang kurang lebih sama, setidaknya dalam proses rendering.

Itu alasannya saya lebih suka mengunakan uBlock Origin di bandingkan ABP karena extension adblock yang paling ringan yang saya tahu adalah ublock origin, baik itu untuk firefox maupun untuk chrome.

Saya senang dengan adanya opera ini, karena dengan demikian tidak perlu ada extension tambahan dan ini tentu akan lebih ringan untuk komputer yang saya gunakan.

Namun yang pasti sekarang, saya akan lebih memilih milih website yang akan saya block juga dari iklan karena dengan adanya opera pembuktian makin jelas, tidak semua site perlu di block.

Apalagi kalau site tersebut tidak mempunyai iklan sama sekali.

Mudah mudahan ini bisa berguna untuk teman teman semua.