Mikrotik User Meeting 2016 Indonesia

Mikrotik User Meeting 2016 Indonesia

Wah ternyata saya dapat email notifikasi dari mikrotik mengenai mikrotik user meeting (MUM) yang akan di laksanakan oktober ini.
ehm yup perkerjaan saya bukan di IT tapi saya pengemar IT, karena isengnya dan rasa ingin tahu saya, saya sudah mendapatkan sertifikasi untuk MTCNA 1 dan MTCRE 2 alasannya karena menarik untuk saya dan mudah dimengerti, kalau sempat 2 tahun lagi akan saya perbaharui siapa tahu ada ilmu baru di mikrotik
Mungkin suatu saat nanti saya akan incar sertifikasi CCNA 3 bila ada kesempatan, karena selain CCNA biaya ujiannya lebih mahal tidak akan berpengaruh dengan dapur saya, jadi hanya sebatas ingin tahu dan ingin buktikan saya mampu walaupun saya tidak mempunyai gelar di bidang IT.
Menurut saya ilmu itu tidak ada yang jelek, jadi selama menarik bagi saya, saya akan pelajari ilmu tersebut.
Kembali bicara masalah MUM kamu bisa mengikutinya secara gratisan dan berbayar, bedanya hanya satu tidak dapat makan dan lisensi yang satu dapat makan dan dapat lisensi

MUM kali ini di rencanakan
Lokasi: Holiday Inn Jakarta Kemayoran, Jakarta, Indonesia
Waktu: Kamis-Jumat, 13-14 Oktober 2016
Meet and greet: Rabu, 12 October, mulai 18:00 wib (pendaftaran ulang disertai hidangan ringan)
Bahasa resmi: Indonesia

Untuk yang berbayar kena 30 USD tapi mungkin ada yang bisa bayar pakai voucher jadi tebakan saya akan lebih murah.

Hanya saja sayangnya untuk saya oktober masih jauh, saya tidak tahu apakah saya bisa ikut di acara ini, karena bahan pembicaraan yang ditampilkan menarik untuk para pengemar IT.

Untuk tanggal 13 Oktober yang sudah pasti ini susunan topic-nya

Jangan takut walau berjudul bahasa Inggris tetap saja bahasa official yang di gunakan adalah bahasa Indonesia.

Guru dan penguji saya pak Rofiq Fauzi rupanya juga turut memberikan topic mengenai the dude. The dude akan menarik kalau Anda sudah harus handle banyak node dengan sekali lihat bisa ketahuan status kesehatan networks.

Topik selanjutnya yang menarik menurut saya adalah Connection load balancing with mikrotik [workshop] karena ada beberapa cara untuk me-load balance mengunakan mikrotik, kalau saya pribadi lebih menyukai mengunakan PCC 4 dengan keuntungannya bisa memaksimalkan pengunaan bandwidth tiap gateway, tapi juga dengan kelemahannya, mungkin dalam workshop ini akan di bahas dengan detail.

Sedangkan topik Create Your Own Secure VPN Connection Using OpenVPN by Irfan Dhia Irsyad (PT Validata Teknologi, Indonesia) akan menarik kalau ini menceritakan bagaimana efesensi mikrotik apabila di jadikan server openvpn, kalau menurut saya akan jauh lebih mudah dan lebih efesien kalau server openvpn mengunakan mikrotik, karena bagi administrator akan lebih mudah untuk config, maintance dan terahkir efesensi lalu lintas data akan lebih lancar.

Dua topik lainnya mungkin akan memberikan pelajaran dan pembagian pengalaman bagi para peserta How to Run Hotspot Business in Dormitories with Mikrotik Products? dan How do the youngest country int the world ISPs run their bussiness more efficient, and more reliable

Karena untuk bikin hotspot di mikrotik sangat mudah sekali sudah banyak tutorial yang seabrek abrek tinggal pilih mau bagaimana, mau lebih efesien listrik atau efesien kelancaran data dan kalau yang ISP termuda itu, mungkin akan banyak bicara mengenai pengalaman.

Di hari kedua

HTB-Queue 5 akan menjadi bahasan yang menarik, terutama untuk para penguna warnet dan office, karena dengan HTB-queue data yang ada itu dibatasi kecepatannya agar tidak menganggu yang user yang lain berdasarkan klasifikasi koneksi.
Sangat berbeda dengan simple queue yang hanya menentukan berapa speed yang di mau secara total. Untuk ISP atau home office sederhana simple queue mungkin sudah cukup, tapi kalau network sensitif seperti warnet yang semua mau sedot bandwidth paling banyak tidak perduli dengan yang main games, atau office yang mengandalkan VOIP untuk saling berhubungan, ini akan sangat crusial.

Untuk sementara itu topik yang menurut saya menarik sebagai pengemar bukan sebagai perkerja di bidang ini.

Mudah mudahan dekat dekat mum, mereka akan notifikasi lagi apalagi topik yang akan dibicarakan, karena di hari ke 2 masih ada banyak slot kosong yang di persiapkan untuk pembicara lain.

Lebih lengkapnya silahkan teman teman bertandang ke site mikrotik.
http://mum.mikrotik.com/2016/ID/info

Apabila waktu memungkinkan dan saya punya kesempatan saya akan ikut MUM ini, kalau tidak ya paling nanti lihat live streamingnya saja karena biasanya ada live streaming untuk acara MUM.

  1. Mikrotik Certified Network Associate
  2. MikroTik Certified Routing Engineer
  3. cisco certified network associate
  4. Per-Connection-Classifier
  5. Hierarchical Token Bucket Queue