Backup dan restore mysql

Backup dan restore mysql

MySQL adalah database yang paling umum digunakan oleh orang, baik itu untuk aplikasi, database website, forum sampai script.
Nah buat Anda yang mengunakan mysql dan kebetulan sudah mulai lumayan besar, biasanya akan kesulitan untuk melakukan backup dan restore mysql Anda itu.
Alasan pada umumnya karena PHPmyAdmin mempunyai limitasi ketika akan melakukan backup maupun restore.
Saya tahu karena saya juga mengalami hal yang serupa.
Sekarang saya akan membicarakan cara paling mudah untuk melakukan proses backup dan restore ini, tidak hanya untuk site wordpress tapi untuk semua site yang mengunakan mysql database lainnya.

Disini kita akan membicarakan melakukan backup dan restore mengunakan dua perintah paling umum yang ada di server Anda bila Anda punya akses SSH atau gunakan saja VPS Anda di tempat lain, atau lebih bagus kalau PC Anda adalah linux, OS X Anda bisa pakai perintah ini, kalau tidak ada tinggal tambahkan saja.
Kedua perintah yang akan kita gunakan adalah mysqldump dan mysql.

Backup

Pertama tentu yang kita butuhkan adalah backup.
Langkah umumnya adalah masuk ke terminal Anda atau masuk ke SSH server Anda, karena untuk bisa melakukan ini Anda perlu menjalankan perintah mysqldump.

Untuk yang ada di-local

Kalau server Anda satu dengan server mysql Anda pendeknya Anda melakukan backup di tempat yang sama dengan Anda memberikan perintah, Anda bisa mengunakan perintah ini.

Bila mengunakan server mysql terpisah

Bila Anda mengunakan.

  • Server mysql berbeda dengan server web.
  • Mengunakan VPS / Server lain untuk backup, untuk ini Anda harus pastikan ip VPS / Server sudah masuk ke whitelist server mysql Anda.
  • Mengunakan PC yang ada perintah mysqldump dan mau backup ke local machine, sama kayak remote, Anda harus whitelist dulu ip public yang Anda gunakan agar ini tercapai.

Perintah yang digunakan adalah.

Restore

Nah sesudah berhasil backup dan Anda mau melakukan restore atau bikin duplikat DB bisa mengunakan perintah mysql.

Untuk yang di-local

Perintah yang digunakan mirip dengan melakukan backup hanya saja nama perintahnya yang berbeda, dan merubah dari > menjadi <

Bila mengunakan server mysql terpisah

Sama dengan syarat yang ada ketika restore dan untuk perbedaan restore dan backup juga sama dengan yang untuk server satu antara webspace dengan mysql-nya.
perintah yang di gunakan adalah.

Dengan begini selama server Anda ada akses ssh atau kuat backup dan restore akan lebih mudah di lakukan dan untuk yang remote mysql selama Anda sudah di whitelist di server mysql dan koneksi Anda stabil dengan server mysql Anda, Anda tinggal duduk dan menantikan proses backup atau restore ini selesai.
Tidak ada limitasi seperti pada PHPmyadmin ataupun harus paste satu satu database yang ingin di restore.

Mudah mudahan tips singkat ini bisa berguna untuk teman teman semua.