Pembukaan pendidikan dokter di tangguhkan

Pembukaan pendidikan dokter di tangguhkan

Baca post twitter dari PBIDI yang mengatakan adanya surat edaran dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia menyatakan mulai tanggal 14 Juni 2016 pembukaan pendidikan dokter baru di tangguhkan.

Tidak hanya itu, dalam surat tersebut disebutkan mereka akan,

  • Melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan dan kualitas lulusan Program studi pendidikan dokter saat ini.
  • Menghentikan pengajuan pembukaan baru pendidikan kedokteran.
  • Khusus untuk daerah tertentu pemerintah dapat melakukan pengecualian.

Dengan begini seharusnya tidak akan ada universitas yang membuka pendidikan dokter lagi, kecuali untuk daerah tertentu yang disebutkan diatas.

Kalau menurut saya ini tindakan yang seharusnya sudah di lakukan sejak lama, agar pendidikan dokter bisa terjaga, walaupun ada yang namanya UKDI 1 namun dengan begini calon didik tidak akan binggung di kemudian hari ketika mendapatkan diri nya tidak lulus UKDI.
Pendidikan dokter itu lama, jadi jangan sampai sudah menghabiskan biaya banyak tidak bisa apa apa, pendidikan dokter tidak bisa di katakan murah, buku-buku, alat dan dan paling penting waktu sekian tahun terbuang percuma dan ternyata mereka tidak bisa berkerja sebagai dokter.

Untuk jadi dokter di Indonesia itu tidak mudah, alur pendidikannya itu panjang. Untuk teman teman yang tidak tahu alur pendidikan dokter sekarang bisa melihat panduan UKMPPD 2 sebanyak 200 an halaman ini.
Panduan UKMPPD 2015 28,6 MB

Untuk lulus UKDI sendiri tidaklah mudah, kalau Anda lihat di site pengumuman UKDI malahan ada beberapa universitas hanya mampu meloloskan belasan atau dibawah 10 orang dalam tiap kali UKDI walaupun ini tergantung dari kemampuan anak didik sendiri, namun universitas memegang peranan yang sangat penting dalam UKDI ini. Baik dari tenaga pengajar sampai fasilitas yang di miliki oleh universitas tersebut.

Jadi sebelum itu semua terjadi, ada baiknya di lakukan evaluasi terhadap universitas yang sudah ada dan menutup sementara pengajuan Pembukaan program studi pendidikan dokter.

Lengkap nya surat ini bisa dilihat disini

Surat-edaran

Silahkan klik untuk gambar yang lebih besar, bila gambar diatas masih kurang besar .

Ini adalah post asli PBIDI di twitter.

Sekarang bagaimana menurut Anda?
Sudah tepatkah keputusan yang di ambil ini?

  1. Ujian Kompentensi Dokter Indonesia
  2. Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter