WinBox untuk macOS

WinBox untuk macOS

Walaupun sebenarnya banyak penguna macOS yang juga mengunakan mikrotik sebagai router mereka, sayangnya aplikasi WinBox tidak ada untuk macOS secara resmi di sediakan oleh mikrotik.

Sepanjang pengetahuan saya ada dua aplikasi yang sudah di port mengunakan wine, sehingga aplikasi WinBox terasa asli di macOS, sehingga anda tidak perlu lagi meng-install aplikasi seperti Crossover, VMware maupun Parallel. Namun kedua aplikasi ini juga mempunyai ciri kas masing masing, dengan keuntungan masing masing, padahal kedua dua-nya diport mengunakan wine.

Winbox4Mac

Aplikasi ini bisa di dapatkan di link ini aplikasi ini seperti yang saya tulis diatas, mengunakan wine. Namun yang membedakannya adalah, ini WinBox paling gampang di macOS, karena file yang diberikan sesudah di extract bisa langsung di lempar ke folder applikasi karena memang sudah dengan extension app.

Ketika membuka pertama kali, jangan lupa untuk masuk kedalam folder aplikasi anda, dan lakukan klik kanan untuk membuka aplikasi ini, karena aplikasi ini tidak di sign in, sehingga anda harus melakukan ini, agar aplikasi ini bisa digunakan.

Kekurangan

Kekurangannya yang saya tahu, hanya harus menunggu update dari yang melakukan port, apabila ada update untuk winbox sendiri, namun apabila kebelet, anda bisa mengupdate sendiri dengan mengunakan menu tools yang ada di winbox sendiri, walaupun ini tidak disarankan, anda bisa lihat di gambar berikut, karena terkadang itu tulisan tools bisa kelewat terlihat.

Nah sekarang tinggal anda pilih Check For Updates dan nanti akan mencek sendiri ke versi yang terbaru.

Kekurangan kedua, ketika anda sedang melihat window atau aplikasi lain dan kemudian pilih window dari winbox4mac, dia tidak akan maju kedepan, sehingga harus pilih dari dock untuk membuat dia maju kedepan atau mengunakan shortcut command-shift-tab.

Kekurangan yang paling tidak saya suka adalah kadang ketika pilih menu, menu tertinggal dibelakang, walaupun dia sedang dalam keadaan aktif.

Winbox4Mac glitch

Seperti yang anda bisa lihat, diatas saya memilih system, namun sub menu tertinggal di belakang, sebenarnya ini mudah sekali disembuhkan, dengan hanya meng-klik ulang menu system, menu tersebut akan maju kembali.

Keuntungan

Seperti yang saya nyatakan diatas, ini adalah winbox paling mudah di instal untuk macOS, anda hanya cukup download, extract dan kemudian pindahkan ke application folder dan kemudian klik kanan, dan jalankan. Sangat mudah sekali di bandingkan dengan menginstall Winbox-mac.

Winbox-mac

Sekarang kita berbicara mengenai winbox-mac. Winbox yang satu ini jauh lebih susah di install apabila anda belum tahu mengenai HomeBrew, namun akan sangat mudah sekali apabila anda sudah mengunakan atau familiar mengenai Homebrew karena anda cukup hanya menuliskan satu kalimat di terminal, dan semua ter-install secara otomatis.

Untuk mengetahui mengenai Homebrew lebih lanjut, saya pernah membahasnya disini Homebrew untuk macOS

Install

Sesudah anda install Homebrew anda cukup menuliskan ini di terminal

Nanti otomatis aplikasi akan masuk ke folder aplikasi anda, jangan lupa seperti biasa, anda harus menuju ke folder aplikasi anda dan kemudian klik kanan untuk membuka aplikasi Winbox-mac.

Keuntungan

Kalau anda perhatikan tampilannya, walaupun lebih dull dan tidak ceria, tapi bagi saya ini tidak menjadi masalah, karena yang penting bagi saya adalah fungsinya. Dugaan saya dengan tampilan ini pula masalah masalah yang ada di Winbox4Mac seperti harus klik dock untuk membuat dia menjadi aktif ataupun menu tertinggal di belakang, tidak pernah saya temukan di Winbox-mac.

Untuk melakukan update-pun apabila mengunakan Winbox-mac, di github disarankan untuk langsung update di aplikasi winbox sendiri, selayaknya di windows, sehingga anda tidak harus menunggu.

Update juga dapat di lakukan mengunakan Homebrew, namun di ingatkan di github apabila, alamat router yang di simpan itu bisa berubah/hilang dikarenakan id yang bisa berbeda pada tiap versinya.

Kekurangan selain instalasi yang membutuhkan Homebrew, saya masih belum menemukannya, walaupun di GitHub disebutkan windows setting tidak dapat tersimpan, disaya itu tidak terjadi, CPU, memory tetap tertampil seperti yang saya mau, ketika saya login ke router.

Backup dan list router

Untuk sebagian orang, yang hanya handle satu router mikrotik, tentu tidak akan jadi masalah apabila mereka meng-input satu satu alamat ip dan username dan password router yang akan mereka atur, namun untuk power user atau orang yang ingin mendapatkan kemudahan, tools – export akan sangat berguna.

Sama seperti di winbox versi windows, anda bisa melakukan export list dan kemudian bisa di simpan di dekstop anda file yang saya maksud adalah addresses.wbx. Jadi apabila ada masalah seperti list hilang sesudah update winbox baru atau ingin memindahkan list router yang anda manage ke winbox lain, tidak ada salahnya anda menyimpan file ini, sehingga anda tidak perlu repot memasukan list router yang anda manage.

Apabila ada yang ingin di tanyakan atau ada yang diskusikan, silahkan di tulis di bagian komentar.

Terima kasih sudah membaca, dan mudah mudahan bisa berguna bagi penguna macOS yang juga mengunakan mikrotik sebagai router mereka.