Cloudflare CDN gratisan

Cloudflare CDN gratisan

Beberapa waktu yang lalu hidupku pernah membicarakan masalah SSL (HTTPS) gratis dari Cloudflare, kali ini saya akan membicarakan Cloudflare-nya sendiri apa gunanya bagi site Anda dan bagaimana langkah-langkah memasang Cloudflare di site Anda tersebut.
CDN atau yang disebut juga dengan Content Delivery Networks adalah suatu sistem dimana semua pengunjung akan di alirkan ke server terdekat dari pengunjungnya berdasarkan geo-ip pengunjung tersebut artinya walaupun server ada dimana pengunjung akan mendapatkan kecepatan terbaik untuk diri mereka, itu idealnya.

Selain itu Cloudflare juga memberikan beberapa layanan lain seperti proteksi diri dari orang iseng, sampai bantuan mengatasi serangan DDOS 1 dan layanan lainnya.
Dengan begitu tidak ada ruginya mengunakan Cloudflare, hanya sayang satu, server Cloudflare terdekat dari Indonesia adalah Singapore kalau saja ada di Indonesia, akan lebih mantab lagi tentunya, pengunjung Indonesia akan lebih merasakan kecepatan yang lebih wah.
Itu salah satu kegunaan Cloudflare, ada lagi kegunaan Cloudflare lain yang banyak orang tidak sadar yang pada intinya juga akan mempercepat bukanya suatu site yaitu layanan DNS 2 service.
Walaupun untuk DDNS 3 agak sedikit berbelit untuk di gunakan tetapi kecepatan DNS Cloudflare tidak usah diragukan dan DNS service mereka ini juga mempunyai sistem keamanan yang mumpuni yang bisa menghindari serangan mengunakan DNS sampai mereka juga menyediakan layanan verifikasi DNSSEC 4 sehingga pengunjung tahu pasti apakah benar domain itu mengunakan ip yang terdapat di nslookup, namun sayangnya DNSSEC ini masih belum di gunakan secara native oleh OS 5 kebanyakan sehingga tujuan utama DNSSEC sendiri belum tercapai. Mungkin kalau sudah bisa secara native otomatis filtering ala pemerintah Indonesia tidak akan bisa jalan atau setidaknya tidak akan di alirkan ke site penuh iklan itu (baca internet sehat page landing).

Nah jadi kembali lagi, mengunakan Cloudflare tidak ada ruginya, setidaknya itu yang di rasakan oleh 36% domain yang ada di jagat internet

Pie Cloudflare

Untuk melihat database asli yang update bisa main main ke http://www.w3cook.com/managed-dns/Cloudflare

Cara pasang Cloudflare

Nah sekarang saya bicara cara pasang Cloudflare.

Pertama daftarkan diri di site Cloudflare.
https://www.cloudflare.com/

Sesudah menyelesaikan pendaftaran dan account Anda teraktivasi.

Masukan domain yang akan Anda daftarkan.
Nanti Cloudflare akan melakukan scanning terhadap domain Anda tersebut.
dr1

Sesudah scanning selesai pilih continue setup
dr2

Lalu lakukan verifikasi apakah ip server yang Anda gunakan, MX 6 yang Anda gunakan sudah benar.
Jangan lupa juga Anda disini bisa juga menentukan mana yang lewat CDN mana yang langsung ke server Anda sendiri.
Kalau saran saya masukan semua, kecuali domain tertentu yang Anda tahu pasti harus mengunakan IP tersebut dan Anda tidak perlu / membutuhkan dia masuk ke CDN Cloudflare.
dr3

Pilih Plan / Paket yang Anda inginkan kalau saya pilih gratisan saja, karena gratisan saja sudah cukup mumpuni bagi saya.
dr4

Nah kemudian Anda disuruh menganti NS yang sudah Anda gunakan sebelumnya menjadi NS coudflare
dr5

Nah masuk ke panel domain Anda yang ada di registrar Anda rubah NS nya.
Dari tulisan yang ada di atas ini proses yang paling lama sebenarnya sekitar 24 jam karena tergantung dari registrar Anda, namun jangan kuatir tidak akan ada down times di site Anda karena begitu DNS tersebar Cloudflare sudah siap menampung site Anda.

Sesudah melanjutkan / continue halaman akan berubah menjadi ini
dr6

Nah sekarang tinggal menanti perubahan, sesudah teraktivasi, nanti bisa melakukan seting yang ada di Cloudflare Anda.
dr7

Namun kalau Anda tidak sabaran Anda bisa langsung set apa saja yang akan Anda aktifkan di domain Anda tersebut, nanti begitu pindah semua akan otomatis teraktifasi, tapi menurut saya sebaiknya Anda menanti sampai dia benar benar pindah, karena

  1. Akan mulai terasa bedanya antara pakai Cloudflare dengan tidak pakai Cloudflare.
  2. Anda yakin perubahan yang akan Anda lakukan benar mempercepat bukan malahan bikin tambah lambat.

Cloudflare pada site wordpress

Khusus untuk site yang mengunakan wordpress ada baiknya Anda mengunakan plug-in Cloudflare sebagai tambahan sesudah melakukan langkah yang ada diatas gunanya agar site Anda dapat mengenali IP yang comment disite Anda tersebut.
Bukannya tanpa plugin ini tidak dapat mengenali namun untuk mengeliminasi kemungkinan IP Cloudflare yang terambil, sehingga ketika Anda akan memilih suatu comment sebagai spam jangan sampai nanti IP Cloudflare yang terambil, silahkan Anda cari plug-in tersebut di site wordpress.

Nah selamat Anda sudah bisa mengunakan Cloudflare di site Anda.

Kalau ada yang ingin di tanyakan atau diskusi, silahkan mengunakan komentar yang ada di bawah ini siapa tahu saya bisa membantu Anda.

  1. Distributed denial-of-service
  2. Domain Name System
  3. Dynamic domain name system
  4. Domain Name System Security Extensions
  5. Operating system
  6. Mail exchange