Kecil tapi detail

Kecil tapi detail

Itu biasanya yang dicari para pengemar photography terutama kalau mereka ingin menaruh foto mereka di internet.
Bagaimana detail tidak hilang tapi hasil tetap secantik aslinya.
Susah untuk mendapatkan ini semua dalam satu paket, harus ada yang di kalahkan, walaupun ada beberapa tehnik yang mungkin akan berguna untuk tujuan ini.
Saya sendiri awalnya agak sekeptik, tapi sesudah mencoba mengunakan apa yang biasa di gunakan webmaster dan mengabungkannya dengan aplikasi terkenal di dunia photographer hasilnya tidak buruk, nanti anda akan lihat sendiri perbedaannya.
Untuk ini saya tidak akan mengunakan foto yang dari kamera DSLR karena mostly orang pakai kamera hp, dan kalau pakai kamera DSLR sudah banyak yang membuktikan kalau aplikasi terkenal ini memang bagus, Namun saya mencari jalan lain agar untuk di gunakan di web akan lebih terasa nyaman bagi para pengunjung.

Di sisi lain di dunia web sendiri para webmaster berusaha membuat para pengunjung merasa site tersebut cepat terbuka.
Nah mereka mengunakan apa yang disebut jpeg progressive, berbeda dengan jpeg biasa, pic akan langsung terload, dan gradual akan menajam sehingga full load dan sesuai dengan aslinya.
Ide bagus bukan?
Ini bisa anda kerjakan ketika anda mengedit foto di photoshop dan save dalam bentuk jpeg progressive namun didalam tulisan ini saya tidak akan mengunakan photoshop, tetapi aplikasi gratis yang biasa di gunakan para webmaster.

Imageoptim

Image Optim Icon
Dia sebenarnya adalah GUI 1 untuk beberapa program sekaligus, jadi akan otomatis, Anda tidak perlu hapal CLI 2 tiap tiap aplikasi ini.
Tinggal masukan folder apa yang di akan di kerjakan, otomatis nanti dia akan load semua file jpg, png gif dan kawan kawan.
Karena alasan ini pula juga para webmaster suka, mereka tidak perlu satu satu edit file gambar tersebut.
Dia tersedia untuk beberapa OS 3 ada untuk windows, mac aka OS X dan linux jadi kasarnya hampir semua OS yang ada di muka bumi ini bisa mengunakan aplikasi ini.
Untuk mencobanya anda bisa main main ke sini
ImageOptim
Sehingga sesudah membaca tulisan saya dibawah, Anda bisa coba sendiri.

JPEGmini

JPEGmini_pro_300
Boleh di bilang bukan barang baru, bisa di gunakan di Windows dan Mac aka OS X, sayangnya aplikasi ini adalah aplikasi berbayar, untuk yang biasa pada artikel ini saya buat 19,99 USD dan yang untuk yang pro lagi diskon dari 149 USD turun ke 99 USD lumayan discount 50 USD.
Bedanya hanya yang pro bisa kerja lebih cepat sangat berguna kalau mengerjakan batch foto dan ada plugin untuk photoshop dan lightingroom hanya itu bedanya, kalau Anda tidak membutuhkan feature itu, pakai yang biasa juga sudah cukup.
Kalau saya sendiri mengunakan yang pro, namun saya tidak mengunakan plugin photoshop karena yang saya ingin nilai adalah kemampuan si jpegmini sendiri dan apabila di gabungkan dengan imageoptim apakah akan lebih baik hasilnya.
BTW ada desas desus kalau JPEGmini ini mengunakan engine yang sebenarnya sama dengan yang ada di optimImage. Tapi saya sendiri tidak tahu akan masalah ini lebih detail, karena dari hasil yang proses, memang benar hasilnya lebih kecil.
Kita lanjut dari desas desus ini, untuk file dari DSLR dari file 32 MB bisa turun ke 900 KB an yang sangat pass kalau di taruh di web dan janjinya tidak ada perbedaan yang significant sampai ada orang yang mencoba mencetak foto tersebut untuk membuktikan, kalau mau nonton silahkan main main ke youtube, sebelum coba barang ini saya coba riset kecil kecilan karena harganya yang selangit untuk kantong orang Indonesia.
Untuk mencoba lihat aplikasi ini, silahkan main main ke
JPEGmini website

Percobaan

Dalam percobaan ini file yang saya gunakan adalah file dari mobile phone, lebih tepatnya adalah iPhone 5 foto ini saya ambil waktu saya sedang jalan jalan.

file asli size 2.6 MB atau lebih tepatnya 2.510,4 KB
https://hidupku.info/wp-content/uploads/2016/06/asli.jpg

Saya tidak akan menampilkan gambar didalam post ini dengan maksud agar nanti anda bisa membedakan, keuntungan mengunakan Jpeg progressive dan yang biasa.

file sesudah di proses mengunakan imageoptim 2.3 MB atau lebih tepatnya 2.274,82 KB
https://hidupku.info/wp-content/uploads/2016/06/imageoptim.jpg

Dibandingkan dengan jpeg biasa, load mengunakan progressive diatas lebih cepat, karena dia akan keluar dan gradual menjadi lebih detail.
Ini yang biasanya membuat para webmaster tertarik mengunakan jpeg progressive di bandingkan jpeg biasa.

Kalau anda ingin mencoba lagi, silahkan clear cache anda dan lihat perbedaannya.

File sesudah mengunakan JPEGmini pro 967 KB atau 944,49 KB tepatnya
https://hidupku.info/wp-content/uploads/2016/06/jpgmini.jpg

JPEGmini tidak mengunakan jpeg progressive jadi loadnya sama persis seperti jpeg biasa walaupun sizenya jauh lebih kecil.

Nah sekarang saya mulai mengunakan gabungan kedua aplikasi diatas.

Pertama kita akan kerjakan dulu dengan di imageoptim dulu baru di JPEGmini pro kan.

File Imageoptim lalu JPEGmini Pro 924 KB atau 902,78 KB lebih untuk lebih tepatnya.
https://hidupku.info/wp-content/uploads/2016/06/optimdanjpg.jpg

Hasilnya file lebih kecil daripada hanya di JPEGmini Pro saja namun progressive hilang sehingga ketika di load di webpage hasilnya seperti file jpeg biasa.

Sekarang yang terahkir, JPEGmini pro lalu di proses lagi dengan imageoptim.

File jpegmini lalu imageoptim size 919 KB atau 897,04 KB untuk tepatnya.
https://hidupku.info/wp-content/uploads/2016/06/jpgdanoptim.jpg

Hasilnya paling kecil di antara yang sudah ada diatas dan yang paling penting dia masih ada progressive nya sehingga ketika ada yang load gambar ini mereka sudah melihat gambarnya lebih terdahulu, baru kemudian akan secara gradual menjadi detail.

Untuk kualitas gambar menurut saya semuanya hampir sama, untuk di webpage kualitas gambar begini sudah bagus sehingga pengunjung yang mengunakan retina display benar benar merasa bahagia dengan kecepatannya load / buka nya yang cepat. Sehingga pengunjung hasil foto anda akan merasa makin bahagia dan tidak segan segan main ke site koleksi photography anda.

Kalau saya pribadi mungkin akan memilih opsi JPEGmini pro dan untuk proses terahkir saya masukan ke ImageOptim, karena hasilnya kecil, loadnya cepat dan untuk kualitasnya sendiri sangat nyaman untuk ukuran file segitu.

Anda punya pendapat lain atau punya pengalaman lain untuk menaruh gambar di internet, silahkan gunakan comment di bawah.

  1. Graphics User Interface
  2. Command Line Interface
  3. Operating system