Fren Radnet Mobile Review

Setelah beberapa hari gue mencoba sekarang kayaknya gue dah bisa kasih semacam review walau tidak lengkap mengenai FREN RadNet Mobile connections
Untuk masalah biaya, seperti yg udah gue bicarakan dibawah mereka mengunakan 2 tarif, pertama mengunakan volume base, dan kedua mengunakan time base, nah yg kita bicarakan adalah timebase, karena kalau untuk surf dan untuk download jauh lebih hemat kalau mengunakan time base. Dengan biaya 9 ribu rupiah/ jam dan akan ditagihkan mengunaka account ISP yg loe gunakan.

What You need
1. HP yang CDMA 1x
2. Kartu FREN (baik pasca bayar atau pra bayar)
3. 1 buah account ISP yg berkerja sama dengan FREN, disini gue pilih RadNet karena selama gue mengunakan Radnet sekitar 4 tahun belakangan ini, Radnet termasuk baik dalam bidang layanannya. Sesudah loe mempunyai account RadNet loe harus mengaktifkan fungsi mobilenya (ezyMove kalau menurut Radnet).
4. 1 buah program untuk mentest kecepatan, bisa mengunakan DU Meter atau mengunakan GPRS Counter
5. Download manager disini gue mengunakan Reget.

Disini gue ngga akan membicarakan cara configurasi, jadi kalau ingin mengetahui cara configurasi bisa ke websitenya RadNet atau Fren.

Kecepatan dan Kestabilan
Untuk masalah kecepatan dijjanjikan mendapatkan sekitar 153 kbps,  pada technologi mengunakan 2000 1x.
Pada kenyataanya kalau mengunakan Radnet dan Fren saya mendapatkan sekitar 14.144 KB/sec atau  113.152 kbps kalau mengunakan Reget (kecepatan rata rata) dan kalau tanpa Reget hanya 12 KB/sec 96 kbps.
Speed di Download manager Reget

itu gue lakukan di daerah yg hanya mendapatkan signal 5 dari 7 bar pada nokia 6585 gue.
Anehnya di DUmeter yg gue pakai, speednya jauh dari ini, mungkin disebabkan mengunakan VPN jadi kecepatan pun di hitung dua kali lipat.


Padahal Options tidak ada yg dirubah tetap mengunakan options yg lama, dan hanya menghitung kecepatan dialup saja bukan menghitung network.

Untuk masalah kestabilan, lumayan bagus cuman kadang kadang suka idle up juga, untuk menghidarinya gue mengunakan perintah ping [ip server] -t selama ip di ping relatif tidak ada masalah.

Hanya saja kalau sudah idle, dan ingin kembali masuk ke VPN radnet itu baru menjadi masalah, karena dianggap masih online, padahal, sudah putus, gue dah coba complaint ke orang rad net untuk menyelesaikan masalah ini, dan kelihatanya mereka sekarang sudah menyelesaikan masalah tersebut, buktinya gue sekarang kalau putus dari VPN dan kemudian mendial kembali, tidak ada masalah dan bisa masuk ke VPN Radnet.

Jadi untuk sementara ini dulu hasil review saya mengunakan FREN-RadNet, kalau ada masalah, trik pengunaan atau kesulitan saya akan mencoba menulisnya disini.

  • Snowtaz

    Pak , kalo dibandingkan teknologi CDMA & radnet dibandingkan dengan dial up telkomnet instan atau dial up telkom & isp lain lebih bagus yah mana yah ?
    Apakah susah untuk mensetting ponsel cdma sebagai modem untuk koneksi internet laptop dengan Windows XP ?
    Saya tunggu infonya . Bisa tolong reply ke email [email protected]
    thanks.

  • Pertama saya mau minta maaf karena baru mereply comment ini, kalau di bandingkan dengan telkomnet instan jelas lebih cepat mengunakan fren-RADnet (atau beberapa ISP lainnya yg tergabung dengan fren).
    Kalau mengunakan dialup sebagus apapun cable tembaga tetap kalau mengunakan V90 maks yg didapatkan cuman 43 kbps biasanya sich sekitar 30 kbps-an, apa lagi kalau telp yg digunakan kresek2, bisa lebih lambat lagi, kalau mengunakan technologi CDMA bisa mencapai 153 kbps (teori) tetapi hasil yg didapat bisa bapak baca di review yg sudah buat. walau dengan signal tidak terlalu besar, sudah cukup mendapatkan 113 kbps an, apalagi kalau mendapatkan signal full mungkin bisa sekitar 130 kbps an.
    Apalagi kalau fren sudah meng-aktivkan EVDO nya mungkin akan jauh lebih cepat.

    Kecepatan transfer data sampai dengan 153,6Kbps tersedia di seluruh area layanan. Kecepatan transfer data 2.4Mbps tersedia untuk jaringan CDMA2000 1X EV-DO yang sementara masih dalam masa percobaan di area Jakarta.

    Kalau masalah settingnya tidak sulit kok pak, yg penting dibaca petunjuknya, saya tidak pernah mengalami kesulitan untuk mensetting FREN di windows XP

    Untuk lebih lengkapnya bapak bisa mencoba ke alamat ini http://www.mobile-8.com/?page=service&cnt=mobileisp

    Mudah mudahan bisa membantu :senyum:

  • koko

    kelebihan dari fren apa kalau ditinjau dari segi kualitas dibandingkan dengan produk yang lain atau berikanlah gambaran karna saat ini aku masih buta banget mengenai fren? klu bisa secara detail yach…….trus gmn klu digunakan dipedasaan apakah sinyalnya kuat apa ngga, trus apakah terbatas dalam penggunaannya? thx ya.

  • Bisa tau ini dicoba di daerah mana ?

  • @Koko & Yuda
    Selama ada cakupan fren seharusnya bisa jalan, jadi yg paling penting adalah signal yg anda peroleh