Spam comment pada blog

Gue dah lama ngga isi isi blog dan ternyata blog gue kena spam comment yg banyak banget sehari bisa sampai ratusan. Begitu gue online dan melakukan cek, ternyata banyak banget yg harus di moderate.
Untuk menguranginya pertama kali gue mengunakan Spam Karma 2 tetapi setelah gue telaah lebih lanjut, kayaknya pakai Akismet yang merupakan plugin bawaan word press, kelihatannya lebih menarik.
Cara nya mudah
Pertama elo hanya perlu mendaftarkan diri di www.wordpress.com dan kemudian loe akan mendapatkan API key yg akan di gunakan oleh akismet.
Jadi hanya perlu aktifkan dan kemudian masukan API key yg dikirimkan kealamat email loe ketika mendaftar, walla spam comment pun hilang.

Tapi kalau loe beniat mengunakan spam karma 2 juga ngga apa, sebenarnya plugin ini lebih lengkap cuman entah kenapa banyak yg mengatakan kalau spam karma malahan memakan comment yg bukan spam. Jadi daripada gue cari masalah gue ngga pakai tu barang yang perlu lakukan hanya mendownload plugin spamkarma kemudian loe uplot ke bagian plugin dan nanti tinggal di aktifkan pluginnya dan jadi deh gampang banget kan ternyata kalau memang niat untuk menghidari diri dari spam. Untuk membaca lebih lanjut kalian bisa maen maen ke SpamKarma 2